Manusia dan Pandangan Hidup

A. PENGERTIAN PANDANGAN HIDUP
Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup bersifat kodrati. Karena itu ia menentukan masa depan seseorang. Untuk itu perlu dijelaskan pula apa arti pandangan hidup. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pedoman, arahan, petunjuk hidup didunia. Dengan demikian pandangan hidup itu bukanlah timbul seketika atau dalam waktu yang singkat saja melainkan dalam proses waktu yang lama dan terus menerus, sehingga hasil pemikiran itu dapat diterima oleh akal, sehingga diakui kebenarannnya.

B. CITA-CITA
Cita-cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Baik keinginan, harapan, maupun tujuan merupakan apa yang mau diperoleh seseorang pada masa mendatang. Dengan demikian cita-cita merupakan pandangan tentang masa depan merupakan pandangan hidup yang akan datang. Seseorang mencapai cita-citanya atau tidak tergantung dari 3 faktor:
• Faktor manusia
• Faktor kondisi
• Faktor tinginya cita-cita

C. KEBAJIKAN

Kebajikan atau kebaikan atau perbuatan yang mendatangan kebaikan pada hakikatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika. Manusia berbuat baik karena menurut kodratnya manusia itu baik, makhluk bermoral, atas dorongan suara hatinya manusia cenderung berbuat baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Mahasiswa Iseng

Foto saya
Anak muda yang gendut tapi aktif, gak cuman makan tidur makan tidur... menjalani hidup dengan apa adanya.. itulah gw..