Manusia dan Keadilan

A. PEGERTIAN KEADILAN
Keadilan menurut aristoteles merupakan kelayakan dalam tindakan manusia. Kelayakan diartikan sebagai titik tengah diantara kedua ujung ekstrim yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Kedua ujung itu menyangkut dua orang atau benda. Bila kedua orang tersebut mempunyai kesamaan dalam ukuran yang telah ditetapkan, maka masing-masing orang harus memperoleh suatu benda atau hasil yang sama, kalau tidak maka masing-masing orang akan menerima bagian yang tidak sama sedangkan pelanggaran terhadap proporsi tersebut berarti ketidakadilan.

BERBAGAI MACAM KEADILAN :
1. Keadilan legal atau keadilan moral
2. Keadilan distributif
3. Keadilan komutatif

B. KEJUJURAN
Kejujuran atau jujur artinya apa yang dikatakan seseorang mulai dengan hati nuraninya apa yang dikatakannya sesuai dengan kenyataan yang ada. Sedang kenyataan yang ada itu adalah kenyataan yang benar-benar ada. Jujur juga berarti seseorang bersih hatinya dari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agama dan hukum. Untuk itu dituntut satu kata dan perbuatan, yang berarti bahwa apa yang dikatakan harus sama dengan perbuatannya.

C. KECURANGAN

Kecurangan atau curang identk dengan ketidakjujuran atau tidak jujur dan sama pula dengan licik meskipun tidak serupa benar. Sudah tentu kecurangan sebagai lawan jujur. Kecurangan menyebabkan serakah, tamak, inggin menimbun kekayaan yang berlebihan dengan tujuan agar dianggap sebagai orang yang paling hebat, paling kaya dan senang bila masyarakat disekitarnya menderita.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Mahasiswa Iseng

Foto saya
Anak muda yang gendut tapi aktif, gak cuman makan tidur makan tidur... menjalani hidup dengan apa adanya.. itulah gw..